Tips Lengkap Cara Mengurus Kartu Atm Yang Hilang



ATM adalah salah satu alat pembayaran yang memudahkan kita dalam bertransaksi. Sehingga ketika salah satu alat transaksi ini hilang maka akan sangat kesulitan untuk menarik uang dan bisa mengganggu kemudahan aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Banyak kasus kehilangan ATM seperti kartu atm hilang bca, atm hilang bni maupun atm hilang mandiri.

Namun jangan khawatir selain bank-bank besar tersebut cara untuk  mengurus kehilangan kartu atm lainnya pun cara hampir sama saja. Simpelnya seperti ini.

  1. Telpon cs bank untuk memblokir kartu
  2. Datangi kantor cabang bank terdekat
  3. Membawa ektp asli dan buku tabungan
  4. Membawa atau mengurus surat kehilangan ke kantor polisi terdekat (jika atm hilang)
  5. Jika atm tertelan maka tidak perlu membawa surat kehilangan cukup dengan menyebutkan di atm mana tertelannya.
Untuk penjelasan konkrit mengenai cara menangani ATM yang hilang ada di bawah ini.

Berpikir tenang dan ingat kembali
Kehilangan kartu atm bukanlah kiamat hal ini sering terjadi di kejadian sehari-hari. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah bersikap tenang agar dapat berpikir jernih, kemudian ingat-ingat lagi dimana terakhir kali menyimpan dan memegang atm. Barangkali atmnya terselip sehingga ketika ingat atm dapat kembali ditemukan tempatnya.

Segera lapor dan datangi kantor cabang terdekat
Ada beberapa kasus dimana kartu pin atm yang digunakan adalah pin tanggal lahir atau pin yang mudah di ingat sehingga pin seperti ini sangat mudah sekali jebol. Sehingga ketika atm ini ditemukan orang maka orang tsb bisa mencoba-coba pin sesuai dengan apa yang mereka perkirakan. Jadi tipsnya buatlah pin yang tidak umum/biasa namun mudah di ingat. Simak caranya disini Cara membuat pasword atm.

Jika anda termasuk kedalam pemilik atm yang memiliki pin yang mudah dikenali segeralah lapor/telpon layanan hallo/cs tersebut untuk memblokir atm. Untuk nasabah BCA dapat menelepon ke Hallo BCA. Melaporkan ATM yang hilang memiliki fungsi untuk segera memblokir atm agar tidak digunakan orang yang tidak bertanggungjawab. Sehingga sebelum ada mengurus kehilangan atm ke kantor cabang terdekat atm anda sudah aman terblokir.

Untuk mengurus atm yang hilang bisa di urus di cabang mana saja tidak harus di cabang atm tempat membuat kartu, pastikan bahwa anda datang lebih awal untuk menghindari antrian. Beberapa bank sudah menerapkan sistem antrian per keperluan jadi lebih cepat karena antrian berdasarkan keperluan masing-masing. Adapun persyaratan yang harus di bawa adalah ktp asli, buku tabungan asli. Siapkan foto kopian ktp barangkali jika bank membutuhkan.

Ada banyak pertanyaan terkait hilangnya ATM ini, seperti mengurus atm hilang diwakilkan. Jawabannya adalah ATM hilang tidak dapat di wakilkan karena ATM adalah identitas pribadi yang memiliki ATM serta buku tabungan.

Pertanyaan kedua mengurus atm hilang tanpa surat kehilangan, kondisi ATM hilang ada dua yakni tertelan atau hilang. Jika ATM anda tertelan maka tidak perlu mengurus surat kehilangan atm cukup memberitahu tertelannya di ATM lokasi mana dan membawa persyaratan. Jika ATM anda hilang maka wajib membawa surat kehilangan beserta kronologis di kantor polisi terdekat dari kejadian kehilangan ATM.

Pertanyaan ketiga adalah bisakah mengurus atm hilang tanpa buku tabungan atau bolehkah mengurus atm hilang tanpa ktp. Jawabannya tidak bisa kedua hal ini melekat sebagai identitas pemilik dari atm dan buku tabungan. Untuk beberapa bank bisa tanpa ktp tapi di wakili identitas lain seperti sim atau pasport sementara untuk buku tabungan wajib untuk di bawa, bagaimana jika buku tabungannya hilang?. Disini cara lengkap umengurus/mengganti buku tabungan yang hilang.

Betapa pentingnya buku tabungan bagi kartu ATM sehingga jika anda merantau jaga baik-baik buku ini dan kalau perlu bawalah ke kota merantau sehingga jika mengalami kehilangan ATM tidak repot mengirim kembali buku tabungan ke kota Anda.

Itulah beberapa tips untuk mengurus kartu ATM yang hilang, jika ada pertanyaan atau hal yang perlu di koreksi silahkan kirim pertanyaan di bagian komentar. Terimakasih.


0 Response to "Tips Lengkap Cara Mengurus Kartu Atm Yang Hilang"

Post a Comment